Menarik unt direnungi pernyataan Asy Syathibi tnt masalah perbedaan pendapat:
كل مسألة حدثت في الاسلام فاختلف الناس ولم يورث ذالك الإختلاف بينهم عداوة ولا بغظاء ولا فرقة علمنا أنها من مسائل الاسلام وكل مسألة طرأت فأوجبت العداوة والتنافر والتنا بز والقطيعة علمنا أنها ليست من امر الدين في شيئ ...................فإذا اختلفوا وتقاطعوا كان ذالك لحدث أحدثوه من اتباع الهوى --هذاماقالوه-- وهو ظاهر في ان الاسلام يدعو الى الألفة والتحاب والتراحم والتعاطف. فكل رأي أدى الى خلاف ذالك فخارج عن الدين
Asy Syatibi, Al Muwafaqat fi Ushul asy-Syari'ah, (Beirut: Dar al-Ma'rifat, tt), jilid IV, hlm. 186-187.
Agama melarang unt menuding kelompok yang berbeda dg tuduhan sesat. Salah satu tujuannya krn hal tsb dpt mnimbulkn perpecahan dan ketidakharmonisan di kalangan kaum Muslim, padahal keharmonisan hubungan diperintahkan oleh Allah dan Rasul-Nya.
Dahulu, para ulama kita hidup rukun, penuh toleransi kendati mereka berbeda pendapat. Imam Ahmad bin Hambal misalnya, yg mnyatakn keharusan berwudhu stlh berbekam atau mimisan. Namun ketika d tanya seseorang, apakah anda akan sholat dibelakang imam yg sedang mimisan?, beliau mnjwab "Bgaimna aku tdk sholat dibelakang Imam Malik dan Said bin Al Muayyab?", yg sebagaimana kita ketahui bersama bhw Imam Malik dan Said berpendapat bhw mimisan tdk membatalkan wudhu.
Jangankan ulama yg msh hdup, yg sdh wafatpun tetap mereka hormati pendapatnya. Iman Syafi'i yg berpendapat mmbaca qunut dlm sholat subuh hukumnya sunnah muakkadah, ketika beliau sholat shubuh d dekat makamnya Imam Abu Hanifah, beliau tdk berqunut krn menghormati Imam Abu Hanifah yg berpendapat membaca qunut bknlah sunnah. Alangkah indahnya sikap yg d contohkn para ulama kita dulu.
Perbedaan pendapat ulama masa lalu tdk pernah menjadikan mereka saling tuding, apalagi saling mengkafirkan. Mereka saling menghormati dan mengakui kelebihan pihak lain. Sayangnya, kondisi yg harmonis semacam itu berangsur-angsur beralih mnjd fanatisme buta sejalan dg kemunduran peranan ilmu dlm masyrkat Islam. Hal tsb terjadi saat kemunduran dinasti Abbasiyah pd abad ke-4 H, dan terus mnerus merosot hingga tiba masa kejatuhan dinasti itu pd masa pnyerbuan Tatar abad ke-7 H. Saat itu, iklim ilmiah dan diskusi unt mncari kbenaran telah digantikn oleh fanatisme buta dan ingin menang sendiri.
Semoga kaum Muslim zaman skrg, mampu mngambil ibrah dr fakta sejarah tersebut. Mari mnyikapi perbedaan dg bijak.
Jangan mjd muslim yg 'kagetan' dg perbedaan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar