Selasa, 21 Maret 2017

PRINSIP-PRINSIP PEMBELAJARAN


A.    Ringkasan atau poin-poin penting bahan kajian
Dalam melaksanakan pembelajaran, agar hasilnya maksimal perlu diperhatikan prinsip-prinsip pembelajaran. Prinsip pembelajaran adalah landasan berfikir, berpijak, dengan harapan tujuan pembelajaran tercapai dan tumbuhnya proses pembelajaran yang dinamis dan terarah. Prinsip-prinsip pembelajaran dibangun atas dasar prinsip-prinsip yang ditarik dari teori psikologi terutama teori belajar dan hasil-hasil penelitian dalam kegiatan pembelajaran. Karena prinsip-prinsip tersebut dikembangkan dari teori-teori belajar, maka wajar jika para ahli memiliki prinsip-prinsip pembelajaran yang berbeda satu dengan lainnya, walaupun secara global tidak ada yang bertentangan atau bisa dikatakan hampir sama. Atwi Suparman dengan mengadopsi pemikiran Fillbeck (1974) mengemukakan ada 12 prinsip pembelajaran, Gagne (1977) mengemukakan ada 9 prinsip pembelajaran, sedangkan Ahmad Rohani (1995) mengemukakan ada 13 prinsip pembelajaran.
Prinsip-prinsip pembelajaran yang dikemukakan Gagne adalah: menarik perhatian, menyampaikan tujuan pembelajaran, mengingatkan konsep/prinsip yang telah dipelajari, menyampaikan materi pelajaran, memberikan bimbingan belajar, memperoleh kinerja, memberikan balikan, menilai hasil, serta memperkuat retensi dan transfer belajar. Sedangkan Ahmad Rohani mengemukakan prinsip-prinsip pembelajaran adalah: prinsip aktifitas, prinsip motivasi, prinsip individualitas, prinsip lingkungan, prinsip konsentrasi, prinsip kebebasan, prinsp peragaan, prinsip kerjasama dan persaingan, prinsip apersepsi prinsip korelasi, prinsip efisiensi dan efektivitas, prinsip globalitas, serta prinsip permainan dan hiburan.  
Dari banyaknya pendapat para ahli diatas, Dimyati dan Mudjiono menyimpulkan setidaknya ada 7 prinsip yang berlaku umum diantara berbagai pendapat yang dikemukakan ahli. Prinsipprinsip tersebut yaitu: perhatian dan motivasi, keaktifan, keterlibata langsung/pengalaman, pengulangan, tantangan, balikan, dan penguatan, serta perbedaan individu.

Referensi:
Hill, Winfred F, Theories of Learning: Teori-Teori Pembelajaran, Bandung: Nusa Media, 2012.

Rohani, Ahmad, Pengelolaan Pengajaran, Jakarta: Rineka Cipta, 1995.

Siregar, Eveline, dkk, Teori Belajar dan Pembelajaran, Bogor: Ghalilea Indonesia, 2010.

Dimyati dan Mudjiono, Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta, 2009.

B.     Pertanyaan-pertanyaan penting tentang bahan kajian
1.      Dari banyaknya prinsip-prinsip pembelajaran yang telah dikemukakan diatas, bagaimana implikasi konkrit dari prinsip-prinsip tersebut dalam pembelajaran?
2.      Dari beberapa prinsip pembelajaran diatas, salah satunya adalah prinsip perbedaan individu. Bagaimana seorang guru memfasilitasi keberagaman siswa, baik dari segi perlakuan, metode, dll agar setiap siswa merasa terfasilitasi untuk belajar, mengingat dalam pembelajaran di kelas hanya terdapat satu guru?

3.      Menurut pemakalah, apakah prinsip-prinsip pembelajaran tersebut sudah diterapkan dalam pembelajaran makul teori pembelajaran dan perkembangan peserta didik di kelas?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar