A.
Ringkasan atau poin-poin penting bahan kajian
Dalam
melaksanakan pembelajaran, agar hasilnya maksimal perlu diperhatikan
prinsip-prinsip pembelajaran. Prinsip pembelajaran adalah landasan berfikir,
berpijak, dengan harapan tujuan pembelajaran tercapai dan tumbuhnya proses
pembelajaran yang dinamis dan terarah. Prinsip-prinsip pembelajaran dibangun atas
dasar prinsip-prinsip yang ditarik dari teori psikologi terutama teori belajar
dan hasil-hasil penelitian dalam kegiatan pembelajaran. Karena prinsip-prinsip
tersebut dikembangkan dari teori-teori belajar, maka wajar jika para ahli
memiliki prinsip-prinsip pembelajaran yang berbeda satu dengan lainnya,
walaupun secara global tidak ada yang bertentangan atau bisa dikatakan hampir
sama. Atwi Suparman dengan mengadopsi pemikiran Fillbeck (1974) mengemukakan
ada 12 prinsip pembelajaran, Gagne (1977) mengemukakan ada 9 prinsip
pembelajaran, sedangkan Ahmad Rohani (1995) mengemukakan ada 13 prinsip
pembelajaran.
Prinsip-prinsip
pembelajaran yang dikemukakan Gagne adalah: menarik perhatian, menyampaikan
tujuan pembelajaran, mengingatkan konsep/prinsip yang telah dipelajari,
menyampaikan materi pelajaran, memberikan bimbingan belajar, memperoleh
kinerja, memberikan balikan, menilai hasil, serta memperkuat retensi dan
transfer belajar. Sedangkan Ahmad Rohani mengemukakan prinsip-prinsip
pembelajaran adalah: prinsip aktifitas, prinsip motivasi, prinsip
individualitas, prinsip lingkungan, prinsip konsentrasi, prinsip kebebasan,
prinsp peragaan, prinsip kerjasama dan persaingan, prinsip apersepsi prinsip
korelasi, prinsip efisiensi dan efektivitas, prinsip globalitas, serta prinsip
permainan dan hiburan.
Dari
banyaknya pendapat para ahli diatas, Dimyati dan Mudjiono menyimpulkan
setidaknya ada 7 prinsip yang berlaku umum diantara berbagai pendapat yang
dikemukakan ahli. Prinsipprinsip tersebut yaitu: perhatian dan motivasi,
keaktifan, keterlibata langsung/pengalaman, pengulangan, tantangan, balikan,
dan penguatan, serta perbedaan individu.
Referensi:
Hill, Winfred
F, Theories of Learning: Teori-Teori Pembelajaran, Bandung: Nusa Media,
2012.
Rohani,
Ahmad, Pengelolaan Pengajaran, Jakarta: Rineka Cipta, 1995.
Siregar,
Eveline, dkk, Teori Belajar dan Pembelajaran, Bogor: Ghalilea Indonesia,
2010.
Dimyati dan
Mudjiono, Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta, 2009.
B.
Pertanyaan-pertanyaan penting tentang bahan kajian
1.
Dari
banyaknya prinsip-prinsip pembelajaran yang telah dikemukakan diatas, bagaimana
implikasi konkrit dari prinsip-prinsip tersebut dalam pembelajaran?
2.
Dari
beberapa prinsip pembelajaran diatas, salah satunya adalah prinsip perbedaan
individu. Bagaimana seorang guru memfasilitasi keberagaman siswa, baik dari
segi perlakuan, metode, dll agar setiap siswa merasa terfasilitasi untuk
belajar, mengingat dalam pembelajaran di kelas hanya terdapat satu guru?
3.
Menurut
pemakalah, apakah prinsip-prinsip pembelajaran tersebut sudah diterapkan dalam
pembelajaran makul teori pembelajaran dan perkembangan peserta didik di kelas?
Tidak ada komentar:
Posting Komentar