Satuan Pendidikan : SMP
NEGERI 2 KALASAN
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Islam
Kelas/ Semester : IX/Ganjil
Pertemuan ke : 4
Alokasi Waktu : 2 X
40 menit
A.
Standar Kompetensi
3.
Meningkatkan keimanan kepada hari akhir
B.
Kompetensi Dasar
3.1.
Menjelaskan pengertian iman kepada hari akhir
3.2.
Menyebutkan dalil naqli dan naqli tentang hari akhir
C.
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.1.1.
Menjelaskan definisi iman kepada hari akhir
3.1.2.
Menjelaskan fungsi beriman kepada hari akhir
3.1.3.
Menjelaskan berbagai peristiwa yang terkait dengan hari akhir
3.2.1.
Membaca dan mengartikan dalil naqli tentang iman kepada hari akhir
3.2.2.
Menyebutkan dalil aqli tentang iman kepada hari akhir
3.2.3.
Menjelaskan hikmah beriman kepada hari akhir
D. Tujuan Pembelajaran
Setelah
mempelajari materi tentang iman kepada hari akhir:
1.
Dengan
metode ceramah dan diskusi peserta didik dapat menjelaskan pengertian, fungsi
dan berbagai peristiwa yang terkait dengan beriman pada hari akhir.
2.
Dengan
metode reading aloud peserta didik dapat membaca dan menyebutkan dalil
naqli tentang iman kepada hari akhir
3.
Dengan
metode waching video peserta didik dapat mngetahui gambaran tentang
dahsyatnya hari akhir dan hikmahnya.
D.
Materi Pembelajaran
IMAN KEPADA HARI AKHIR
Iman kepada hari akhir termasuk rukun iman yang ke lima. Menurut bahasa
hari akhir (yaumul akhir) sama dengan hari kiamat. Menurut istilah hari akhir
adalah: percaya dan yakin dengan sepenuh hati bahwa suatu saat nanti terjadi
rusaknya alam semeta dengan segala isinya.
Kapan terjadinya hari kiamat ? yang tahu hanyalah Allah
SWT. Seperti dijelaskan dalam QS: al A’raf (7): 187
E.
يَسْأَلُونَكَ
عَنِ السَّاعَةِ أَيَّانَ مُرْسَاهَا قُلْ إِنَّمَا عِلْمُهَا عِندَ رَبِّي لاَ يُجَلِّيهَا
لِوَقْتِهَا إِلاَّ هُوَ ثَقُلَتْ فِي السَّمَاوَاتِ وَالأَرْضِ لاَ تَأْتِيكُمْ
إِلاَّ بَغْتَةً يَسْأَلُونَكَ كَأَنَّكَ حَفِيٌّ عَنْهَا قُلْ إِنَّمَا عِلْمُهَا
عِندَ اللّهِ وَلَـكِنَّ أَكْثَرَ النَّاسِ لاَ يَعْلَمُونَ
187.
Mereka menanyakan kepadamu tentang kiamat: "Bilakah
terjadinya?" Katakanlah: "Sesungguhnya pengetahuan tentang kiamat itu
adalah pada sisi Tuhanku; tidak seorangpun yang dapat menjelaskan waktu
kedatangannya selain Dia. kiamat itu amat berat (huru haranya bagi makhluk)
yang di langit dan di bumi. kiamat itu tidak akan datang kepadamu melainkan
dengan tiba-tiba". mereka bertanya kepadamu seakan-akan kamu benar-benar
mengetahuinya. Katakanlah: "Sesungguhnya pengetahuan tentang bari kiamat
itu adalah di sisi Allah, tetapi kebanyakan manusia tidak Mengetahui".
Kiamat dibagi menjadi dua macam, yaitu kiamat sughra (kiamat kecil), dan
kiamat kubro (kiamat besar). Kiamat kecil adalah kerusakan sesuatu yang menjadi
bagian dari alam semesta contohnya matinya seseorang. Kiamat kubro adalah:
kerusakan alam semesta sehingga musnah berganti dengan alam akhirat.
Iman kepada hari kiamat artinya kita harus yakin dan percaya bahwa hari
kiamat pasti akan datang dan kelak manusia akan dibangkitkan dari kubur untuk
menerima pengadilan dari Allah SWT. Dasar tentang hari akhir tersebut dalam QS:
Al Zalzalah: 1-6:
1.
Apabila bumi digoncangkan dengan goncangan (yang
dahsyat),
2.
Dan bumi Telah mengeluarkan beban-beban berat (yang
dikandung)nya,
3.
Dan manusia bertanya: "Mengapa bumi (menjadi
begini)?",
4.
Pada hari itu bumi menceritakan beritanya,
5.
Karena Sesungguhnya Tuhanmu Telah memerintahkan (yang
sedemikian itu) kepadanya.
6.
Pada hari itu manusia ke luar dari kuburnya dalam keadaan
bermacam-macam, supaya diperlihatkan kepada mereka (balasan) pekerjaan mereka
Cakupan iman kepada hari akhir, meliputi: 1.
yakin akan adanya hidup yang kekal abadi di akhirat setelah kehidupan di dunia.
2. yakin bahwa semua makhluk akan mati, kemudian akan dibangkitkan kembali
(dari kubur).
E.
Pendekatan dan Metode Pembelajaran
1.
Pendekatan : Keimanan, Rasional, Fungsional
2.
Metode/
Strategi Pembelajaran : diskusi, ceramah, reading aloud, waching video
F.
Langkah-Langkah Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi
waktu
|
Pendahuluan
|
a.
Peserta
didik menjawab salam dari guru.
b.
Peserta
didik ditanya guru tentang kesiapan dan kenyamanan untuk belajar.
c.
Peserta
didik bersama-sama membaca doa sebelum belajar.
d.
Peserta
didik dan guru mereview materi
sebelumnya.
e.
Guru
memberikan Pre Test .
f.
Peserta didik mendengarkan penjelasan guru
tentang kompetensi dasar yang akan dicapai pada pembelajaran kali ini.
g.
Peserta didik mendengarkan penjelasan guru
tentang cakupan materi yang akan dipelajari.
|
10 menit
|
Inti
|
Eksplorasi
a.
Peserta didik
dibagikan hand out materi pembelajaran.
b.
Peserta didik mendengarkan
penjelasan guru tentang strategi pembelajaran yang akan dilakukan.
c.
Peserta didik
secara bersama-sama membaca dalil naqli tentang iman kepada hari akhir secara
keras (reading aloud).
Elaborasi
d.
Peserta didik
melihat dan memperhatikan video yang ditampilkan guru.
e.
Peserta didik
dibagi menjadi dua kelompok.
f.
Peserta didik
membaca dan memahami hand out materi yang telah dibagikan guru.
g.
Masing-masing
kelompok mendiskusikan materi yang terdapat dalam hand out.
h.
Peserta didik
bertanya kepada guru tentang materi yang belum dipahami.
i.
Peserta didik
mendengarkan penjelasan guru tentang
ketentuan permainan yang akan dilakukan.
j.
Peserta didik
mendengarkan pertanyaan dari guru
k.
Kelompok yang
mengetahui jawabannya menekan tombol yang telah disediakan, kemudian menjawabnya
l.
Peserta didik
mendengarkan pertanyaan dari guru.
m.
Kelompok yang
mengetahui jawabannya menekan tombol yang telah disediakan kemudian
menjawabnya, seperti itu seterusnya sampai semua soal habis terjawab.
n.
Kelompok yang
menjawab paling banyak akan mendapat hadiah dari guru.
Konfirmasi
o.
Peserta didik
mendengarkan umpan balik yang dilakukan guru terhadap proses dan hasil
permainan yang tlah dilakukan.
p.
Peserta didik
beserta guru menyempurnakan kesimpulan-kesimpulan hasil diskusi.
|
55 menit
|
Penutup
|
a.
Klarifikasi/kesimpulan
siswa dibantu oleh guru menyimpulkan materi.
b.
Guru
melakukan Post Test dan/atau refleksi terhadap kegiatan pembelajaran
yang telah dilaksanakan.
c.
Mengucapkan
salam.
|
15 menit
|
G.
Penilaian
1.
Teknik
Penilaian
a.
Tes
Lisan
b.
Non
Tes: Pengamatan.
2.
Bentuk
Instrumen
a.
Tes
Lisan:
1.
Bacakan
ayat al Quran yang menjelaskan iman kepada hari akhir!
2.
Apa
hikmah yang dapat diambil dari iman kepada hari akhir?
3.
Sebutkan
peristiwa-peristiwa yang terkait dengan hari akhir!
4.
Bagaimana
gambaran terjadinya hari akhir?
b.
Pengamatan:
Rubrik kegiatan kelompok:
No.
|
Nama Siswa
|
A s p e k P e n g a m a t a n
|
Jml
Skor
|
Nilai
|
Ket
|
||||
Kerja sama
|
Meng-
komunika
sikan pen-dapat
|
Keseriusan
|
Keaktifan
|
Menghargai
pendapat teman
|
|||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan Skor :
Masing-masing kolom diisi dengan kriteria:
4 = Baik Sekali
3 = Baik
2 = Cukup
1 = Kurang
∑ Skor perolehan
Nilai
= --------------------------- X 100
Skor Maksimal (20)
Kriteria Nilai:
A = 80 – 100 :
Baik Sekali
B = 70 – 79 :
Baik
C = 60 – 69 :
Cukup
D = ‹60 : Kurang
H.
Media dan Sumber Belajar
a.
Media
Hand
Out, Papan Tulis, Spidol, Laptop, LCD.
b.
Sumber Belajar
1.
Nasikin,
Muhammad, dkk. 2011. Ayo Belajar Agama Islam: untuk SMP Kelas IX.
Jakarta: Erlangga.
Kalasan,
26 Agustus 2015
Guru
Pembimbing Praktikan
Pendidikan
Agama Islam Pendidikan Agama Islam
Ngatidjo,
BA Khasan Bisri
NIP.
19640503 199003 1 009 NIM. 12410054
Mengetahui,
Kepala Sekolah
SMP N 2 KALASAN
Hj. Nurul Wachidah, S.Pd
NIP. 19611231 198403 2 043
Tidak ada komentar:
Posting Komentar