Satuan Pendidikan : SMP
NEGERI 2 KALASAN
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Islam
Kelas/ Semester : IX/Ganjil
Pertemuan ke : 1
Alokasi Waktu : 2 X
40 menit
A.
Standar Kompetensi
1.
Memahami
Al Quran Surat At-Tin
B.
Kompetensi Dasar
1.1
Menampilkan
bacaan Surat At-Tin dengan tartil
C.
Indikator Pencapaian Kompetensi
1.1.1
Membaca
surat At-Tin dengan fasih
1.1.2
Menyalin
surat At-Tin dengan benar
1.1.3
Menghafal
surat At-Tin dengan lancar
D.
Tujuan Pembelajaran
Setelah
mempelajari materi QS. At-Tiin:
1.
Dengan
metode ceramah dan strategi reading aloud, peserta didik dapat membaca
Surat At-Tiin.
2.
Dengan
metode Make a Match peserta didik mampu menyalin dan menghafal surat
At-Tiin secara lancar .
E.
Materi Pembelajaran
1.
Q.S.
At-Tiin ayat 1-8
2. Arti QS. At-Tin ayat 1-8
1.
Demi buah Tin
dan buah Zaitun
2.
Dan demi bukit
Sinai.
3.
Dan demi kota Mekah yang aman.
4.
Sesungguhnya
kami telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya.
5.
Kemudian, kami
kembalikan dia ketempat yang serendah-rendahnya.
6.
Kecuali
orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh, maka bagi mereka pahalayang
tiada putus-putusnya.
7.
Maka apakah yang
menyebabkan kamu mendustakan hari pembalasan setelah
adanyaketerangan-keterangan itu.
8.
Bukankah Allah
hakim yang seadil-adilnya.
F.
Pendekatan dan Metode Pembelajaran
1.
Pendekatan : Keimanan, Rasional, Fungsional
2.
Metode/
Strategi Pembelajaran : diskusi, ceramah,
Reading Aloud, dan Make a Match
G.
Langkah-Langkah Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi
waktu
|
Pendahuluan
|
a.
Peserta
didik menjawab salam dari guru.
b.
Peserta
didik ditanya guru tentang kesiapan dan kenyamanan untuk belajar.
c.
Peserta
didik bersama-sama membaca doa sebelum belajar.
d.
Peserta
didik dan guru mereview materi
sebelumnya.
e.
Guru
memberikan Pre Test .
f.
Peserta didik mendengarkan penjelasan guru
tentang kompetensi dasar yang akan dicapai pada pembelajaran kali ini.
g.
Peserta didik mendengarkan penjelasan guru
tentang cakupan materi yang akan dipelajari.
|
10 menit
|
Inti
|
Eksplorasi
a.
Peserta
didik membaca materi dari buku paket yang tersedia
b.
Peserta
didik bersama-sama guru membaca Surat At-Tiin (reading aloud)
c.
Peserta
didik mengambil satu kartu yang telah disiapkan guru, kartu-kartu tersebut
berisi potongan ayat Surat At-Tiin ayat 1-8.
d.
Setiap
peserta didik mendapat satu kartu
e.
Setiap
peserta didik membaca potongan ayat yang ada di kartu masing-masing.
f.
Setiap
peserta didik menempelkan kartunya di kertas plano sesuai urutan ayat,
sehingga kelas akan terbagi menjadi 4 kelompok.
g.
Peserta
didik mendapat apresiasi dari guru terhadap usahanya.
Elaborasi
a.
Masing-masing
kelompok membaca kembali kartu yang telah disusun di kertas plano bersama-sama
kelompoknya.
b.
Peserta
didik menghafal potongan-potongan Surat At-Tiin bersama kelompoknya
masing-masing.
Konfirmasi
a.
Guru
memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil kerja serta hafalan peserta
didik.
b.
Peserta
didik dipilih secara acak oleh guru untuk menyampaikan hafalannya
|
55 menit
|
Penutup
|
a.
Klarifikasi/kesimpulan
siswa dibantu oleh guru menyimpulkan materi.
b.
Guru
melakukan Post Test dan/atau refleksi terhadap kegiatan pembelajaran
yang telah dilaksanakan.
c.
Mengucapkan
salam.
|
15 menit
|
H.
Penilaian
1.
Teknik
Penilaian
a.
Tes
Lisan
b.
Non
Tes: Pengamatan.
2.
Bentuk
Instrumen
a.
Tes
Lisan:
1. Bacalah Surat At-Tiin ayat 1-8!
2. Harokatilah potongan-potongan ayat dari
Surat At-Tiin ayat 1-8!
3. Bacakan (hafalan) surat At-Tiin ayat 1-8!
b.
Pengamatan:
Rubrik kegiatan kelompok:
No.
|
Nama Siswa
|
A s p e k P e n g a m a t a n
|
Jml
Skor
|
Nilai
|
Ket
|
||||
Kerja sama
|
Meng-
komunika
sikan pen-dapat
|
Keseriusan
|
Keaktifan
|
Menghargai
pendapat teman
|
|||||
Keterangan Skor :
Masing-masing kolom diisi dengan kriteria:
4 = Baik Sekali
3 = Baik
2 = Cukup
1 = Kurang
∑ Skor perolehan
Nilai
= --------------------------- X 100
Skor Maksimal (20)
Kriteria Nilai:
A = 80 – 100 :
Baik Sekali
B = 70 – 79 :
Baik
C = 60 – 69 :
Cukup
D = ‹60 : Kurang
I.
Media dan Sumber Belajar
a.
Media
Kertas
Plano, Papan Tulis, Kartu, Spidol.
b.
Sumber Belajar
1.
Nasikin,
Muhammad, dkk. 2011. Ayo Belajar Agama Islam: untuk SMP Kelas IX.
Jakarta: Erlangga.
2.
Al
Quran dan terjemahannya
Kalasan, 5 Agustus 2015
Guru
Pembimbing Praktikan
Pendidikan
Agama Islam Pendidikan Agama Islam
Ngatidjo,
BA Khasan Bisri
NIP.
19640503 199003 1 009 NIM. 12410054
Mengetahui,
Kepala Sekolah
SMP N 2 KALASAN
Hj. Nurul Wachidah, S.Pd
NIP. 19611231 198403 2 043
Tidak ada komentar:
Posting Komentar