Selasa, 07 Maret 2017

RPP PAI K-13 Kelas IX/Ganjil


Satuan Pendidikan        : SMP NEGERI 2 KALASAN
Mata Pelajaran             : Pendidikan Agama Islam
Kelas/ Semester           : IX/Ganjil
Pertemuan ke               : 3
Alokasi Waktu : 2 X 40 menit                      

A.     Standar Kompetensi
2.      Memahami hadist tentang menuntut ilmu
B.       Kompetensi Dasar
2.1. Membaca hadist tentang menuntut ilmu
2.2. Menyebutkan hadits tentang menuntut ilmu
2.3. Menjelaskan makna hadits tentang menuntut ilmu
C.     Indikator Pencapaian Kompetensi
2.1.1. Membaca dan menyalin hadis tentang menuntut ilmu
2.2.1. Menyebutkan, menyalin dan mengartikan hadist tentang menuntut ilmu
2.3.1. Menjelaskan makna dan kandungan hadist tentang menuntut ilmu
D.      Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari materi tentang hadits menuntut ilmu:
1.      Dengan metode reading aloud peserta didik dapat membaca hadist tentang menuntut ilmu.
2.      Dengan pengelompokan dan pendekatan student center peserta didik dapat menyebutkan, menyalin dan mengartikan hadist tentang menuntut ilmu.
3.      Dengan strategi konstruktivisme dan diskusi peserta didik dapat menjelaskan makna yang terkandung dalam hadist tentang menuntut ilmu.
E.       Materi Pembelajaran
1.    Hadits tentang salah satu Fungsi ilmu
مَنْ أَرَادَ الدُّنْيَا فَعَلَيْهِ بِاْلعِلْمِ وَ مَنْ أَرَادَ ْالآخِرَةِ فَعَلَيْهِ بِاْلعِلْمِ  وَ مَنْ أَرَادَ هُمَا فَعَلَيْهِ بِاْلعِلْمِ (رواه الطبراني)
         Artinya,’Barangsiapa yang menginginkan kehidupan dunia, mak ia harus memiliki ilmu, dan barang siapa yang menginginkan kehidupan akhirat maka itupun harus dengan ilmu, dan barang siapa yang menginginkan keduanya maka itupun harus dengan ilmu.” (HR. Thabrani)
2.      Hadits tentang hukum menuntut ilmu
رَوَاهُ ابْنُ عَبْدُالْبَر)طَلَبُ اْلعِلْمِ فَرِيْضِةٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ وَ مُسْلِمَةٍ
 Artinya : Mencari ilmu itu hukumnya wajib bagi muslimin dan muslimat”(HR. Ibnu Abdil Bari)
3.      Kewajiban mencari ilmu itu tidak memandang batasan usia, melainkan seumur hidup. Sabda Nabi SAW
أُطْلُبُ الْعِلْمَ مِنَ الْمَهْدِ إِلَى اللَّحْْدِ (رواه مسلم)
Artinya,     “Carilah ilmu itu sejak dari ayunan sampai masuk ke liang lahat”(HR. Muslim) 
4.      Menuntut ilmu itu harus mau bersusah payah, karena ilmu itu harus dicari di mana saja,  sekalipun sangat jauh tempatnya dan banyak rintangannya, seperti sabda Nabi SAW :
أُطْلُبُواالْعِلْمَ وَلَوْ بِالصّيْنِ {رَوَاهُ عَبْدُالْبَر}  
 Artinya ,“Carilah ilmu itu walau di negeri Cina”.(HR. Abdul Bar)
5.      Etika menuntut ilmu
تَعَلَّمُوْاوَعَلِّمُوْاوَتَوَاضَعُوْالِمُعَلِّمِيْكُمْ وَلَيَلَوْا لِمُعَلِّمِيْكُمْ ( رَواهُ الطَّبْرَانِيْ)
Artinya,”Belajarlah kamu semua, dan mengajarlah kamu semua, dan hormatilah guru-gurumu, serta berlaku baiklah terhadap orang yang mengajarkanmu.” (HR Tabrani)
6.      Keutamaan menuntut ilmu
Banyak hadits Nabi SAW yang mengungkapkan keutamaan / fadhilah menuntut ilmu, diantaranya sebagai berikut :
a. Dimohonkan ampun dosanya oleh semua makhluk
عَنْ أَنَسٍ رَضِىَ اللهُ عَنْهُ قَالَ :  قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّم طَلَبُ اْلعِلْمِ فَرِيْضَةٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ، وَإِنَّ طَالِبَ اْلعِلْمِ يَسْتَغْفِرُ لَهُ كُلُّ شَيْ حَتَّى ألْحِيْتَانَ فِي الْبَحْرِ ( رواه ابن عبد الرّحْمَن)
Artinya,“Dari Anas r.a. berkata: Rasulullah saw bersabda: menuntut ilmu itu  wajib atas setiap orang Islam, karena sesungguhnya semua (makhluk) sampai binatang-binatang yang ada di laut memohonkan ampun untuk orang yang menuntut ilmu”. (H.R. Ibnu Abdurrahman)
b. Dimudahkan jalan masuk surga
عَنْ اَبِي هُرَيْرَةَ رَضِىَ اللهُ عَنْهُ أَنَّ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: مَنْ سَلَكَ طَرِيْقًا يَلْتَمِسُ فِيْهِ عِلْمًا، سَهَّلَ اللهُ لَهُ طَرِيْقًا إِلَى الْجَنَّةِ". (رواه مسلم)
Artinya, “Dari Abu Hurairah r.a. bahwasanya Rasulullah s.a.w bersabda: Barang siapa yang menempuh perjalanan dalam rangka menuntut ilmu, maka Allah akan memudahkan jalannya menuju surga”. (H.R. Muslim)
c. Digolongkan sebagai orang yang jihad fi sabilillah
مَنْ خَرَجَ فِيْ طَلَبِ الْعِلْمِ فَهُوَ فِيْ سَبِيْلِ الله حَتَّى يَرْجِعَ ( رَوَاهُ التِّرْمِذِي )
Artinya,” Siapa yang keluar (dari rumah) dalam (keadaan) menuntut ilmu, maka ia itu termasuk fi sabilillah sampai ia kembali/pulang.” (HR. Turmudzi)



F.      Pendekatan dan Metode Pembelajaran
1.      Pendekatan      : Keimanan, , Student Center, Rasional, Fungsional
2.      Metode/ Strategi Pembelajaran : diskusi, ceramah, kontruktivisme
G.    Langkah-Langkah Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi waktu




Pendahuluan
a.       Peserta didik menjawab salam dari guru.
b.      Peserta didik ditanya guru tentang kesiapan dan kenyamanan untuk belajar.
c.       Peserta didik bersama-sama membaca doa sebelum belajar.
d.      Peserta didik dan guru mereview materi sebelumnya.
e.       Guru memberikan Pre Test .
f.        Peserta didik mendengarkan penjelasan guru tentang kompetensi dasar yang akan dicapai pada pembelajaran kali ini.
g.       Peserta didik mendengarkan penjelasan guru tentang cakupan materi yang akan dipelajari.




10 menit










Inti


Eksplorasi
a.       Peserta didik bersama guru membaca secara keras hadit tentang menuntut ilmu (reading aloud)
b.      Peserta didik dibagi menjadi 4 kelompok
c.       Salah satu peserta didik diminta guru untuk mendiktekan hadist tentang menuntut ilmu pada kelompoknya masing-masing.
d.      Perwakilan peserta didik dari masing-masing kelompok diminta guru untuk menuliskan hasil tulisannya ke papan tulis
e.       Peserta didik yang mendiktekan hadit tersebut diminta guru untuk mncontohkan tulisan yang benar.

Elaborasi
f.        Peserta didik diminta untuk menerjemahkan hadist melalui mencocokkan flash card.
g.       Peserta didik dari kelompok masing-masing diminta untuk menempelkan ayat tersebut di papan tulis.
h.       Masing-masing kelompok mendiskusikan makna kandungan yang terdapat dalam hadist tersebut dengan bantuan buku paket yang tersedia.
i.         Peserta didik mendengarkan cerita  inspiratif dari guru tentang keutamaan orang yang memiliki ilmu.
Konfirmasi
j.        Guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil diskusi.
k.      Siswa beserta guru menyempurnakan kesimpulan-kesimpulan hasil diskusi dan kisah inspiratif.






55 menit

Penutup
a.       Klarifikasi/kesimpulan siswa dibantu oleh guru menyimpulkan materi.
b.      Guru melakukan Post Test dan/atau refleksi terhadap kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan.
c.       Mengucapkan salam.


15 menit

H.    Penilaian
                     1.            Teknik Penilaian
a.       Tes Lisan
b.      Non Tes: Pengamatan dan penugasan.
                     2.            Bentuk Instrumen
a.       Tes Lisan:
1.        Bacakan hadist tentang menuntut ilmu beserta periwayatnya!
2.        Tuliskan hadist tentang keutamaan orang yang memiliki ilmu!
3.        Bagaimana saudara bersikap kepada orang yang memiliki ilmu?
4.        Apa yang bisa saudara ambil pelajaran dari berbagai hadist yang menjelaskan tentang keutamaan orang yang memiliki ilmu?
b.       Pengamatan:
Rubrik kegiatan kelompok:
No.
Nama Siswa
A s p e k  P e n g a m a t a n
Jml
Skor
Nilai
Ket
Kerja sama
Meng-
komunika
sikan pen-dapat
Keseriusan
Keaktifan
Menghargai pendapat teman































Keterangan Skor :                                             
Masing-masing kolom diisi dengan kriteria:
4 = Baik Sekali
3 = Baik
2 = Cukup
1 = Kurang

            ∑ Skor perolehan
Nilai = ---------------------------  X 100
            Skor Maksimal (20)

Kriteria Nilai:
A = 80 – 100                 : Baik Sekali          
B = 70 – 79                   : Baik
C = 60 – 69                   : Cukup
D = ‹60                         : Kurang
c.       Penugasan
Peserta didik diminta untuk bertanya kepada kyai/ustad di daerahnya masing-masing tentang bagaimana cara mencari ilmu yang berkah.
I.       Media dan Sumber Belajar
a.      Media
Papan Tulis, Spidol, Kertas karton, Flash Card.
b.      Sumber Belajar
1.      Nasikin, Muhammad, dkk. 2011. Ayo Belajar Agama Islam: untuk SMP Kelas IX. Jakarta: Erlangga.


Kalasan, 19 Agustus 2015
Guru Pembimbing                                                                               Praktikan
Pendidikan Agama Islam                                                                     Pendidikan Agama Islam
                                                                                   


Ngatidjo, BA                                                                                    Khasan Bisri
NIP. 19640503 199003 1 009                                                           NIM. 12410054



Mengetahui,

Kepala Sekolah
SMP N 2 KALASAN




Hj. Nurul Wachidah, S.Pd
NIP. 19611231 198403 2 043









Tidak ada komentar:

Posting Komentar