Satuan Pendidikan : SMP
NEGERI 2 KALASAN
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Islam
Kelas/ Semester : IX/Ganjil
Pertemuan ke : 2
Alokasi Waktu : 2 X
40 menit
A.
Standar Kompetensi
1.
Memahami
Al Quran Surat At-Tin
B.
Kompetensi Dasar
1.2
Menyebutkan
arti Surat At-Tin
1.3
Memahami
makna kandungan Surat At-Tiin
C.
Indikator Pencapaian Kompetensi
1.2.1
Mengartikan
potongan ayat dari Surat At-Tin
1.2.2
Mengartikan
keseluruhan ayat dari Surat At-Tin
1.3.1
Menjelaskan
makna setiap ayat dari Surat At-Tin
1.3.2
Membiasakan
diri bersikap sholeh dalam kehidupan sehari-hari
D.
Tujuan Pembelajaran
Setelah
mempelajari materi QS. At-Tiin:
1.
Dengan
metode ceramah dan diskusi, peserta didik dapat mengartikan Surat
At-Tiin.
2.
Dengan
metode battle quick mind peserta didik mampu menjelaskan makna kandungan
dari Surat At-Tiin.
3.
Dengan
penugasan, peserta didik mampu membiasakan diri bersikap sholeh dalam kehidupan
sehari-hari.
E.
Materi Pembelajaran
Surat At-Tiin (surat yang ke 95) terdiri dari 8 ayat, turun setelah
surat Al-Buruuj. Surat At-Tiin termasuk ke dalam kelompok surat Makkiyah karena
turun sebelum Nabi Muhammad SAW hijrah ke kota Madinah. Nama surat ini
diambil dari kata at-tiin yang terdapat pada ayat pertama yang
berarti buah tin.
Isi
kandungan QS. At-Tiin adalah sebagai berikut:
1.
Buah
tin dan zaitun merupakan kinayah (ungkapan) tentang Damaskus (tempat diutusnya
Nabi Nuh as) dan Baitul Maqdis (tempat diutusnya Nabi Isa as).
2.
Bukit
Sinai yaitu sebuah gunung (bukit) tempat Allah berbicara langsung kepada Nabi
Musa as.
3.
Yang
dimaksud dengan negeri yang aman adalah Kota Mekkah. Allah bersumpah dengan
tiga tempat tersebut sebagai isyarat perintah untuk mengetahui dan mempercayai
turunnya wahyu Allah kepada para Ulul ‘Azmi dari kalangan Rasul
4.
Manusia
diciptakan sebagai makhluk yang paling baik diantara makhluk lainnya, baik
secara jasmaniah maupun rohaniah. Ia dapat berdiri tegak, berbicara, berilmu,
mengatur lagi bijak. Hal itu disebabkan manusia dibekali dengan akal pikiran
dan hati yang dapat berfungsi dengan baik. Sehingga memungkinkan bagi manusia
untuk menjadi khalifah di muka bumi ini.
5.
Manusia
akan berubah menjadi makhluk yang hina dan rendah derajatnya di hadapan Allah
apabila ia tidak bersyukur, selalu bermaksiat, dan tidak mentaati perintah
Allah SWT. Tempat kembalinya adalah neraka yang menyengsarakan.
6.
Manusia
yang akan selamat dari kehinaan adalah orang yang beriman dengan
sungguh-sungguh dan membuktikannya dengan ibadah dan amal shaleh. Mereka akan
mendapatkanpahala yang tidak ada putus-putusnya, yaitu balasan surga dengan
segala kenikmatannya dan kekal di dalamnya.
7.
Melalui
Rasulullah sebagai pembawa risalah dan uswatun hasanah, kita menjadi tahu
tentang ajaran Islam. Kita tidak boleh mendustakan ajaran yang dibawa oleh
beliau, karena mendustakan ajarannya berarti sama saja mendustakan Allah dan
balasannya adalah neraka.
8.
Allah
adalah hakim yang paling adil, manusia akan mendapatkan balasan sesuai dengan
apa yang telah diusahakannya salama hidup di dunia. Jika baik amalnya maka akan
dibalas dengan kebaikan pula yaitu surga dan ridho-Nya, dan jika buruk amalnya
maka akan mendapat balasan yang buruk pula yaitu neraka dan murka-Nya
F.
Pendekatan dan Metode Pembelajaran
1.
Pendekatan : Keimanan, Rasional, Fungsional
2.
Metode/
Strategi Pembelajaran : diskusi, ceramah, dan Battle Quick Mind.
G.
Langkah-Langkah Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi
waktu
|
Pendahuluan
|
a.
Peserta
didik menjawab salam dari guru.
b.
Peserta
didik ditanya guru tentang kesiapan dan kenyamanan untuk belajar.
c.
Peserta
didik bersama-sama membaca doa sebelum belajar.
d.
Peserta
didik dan guru mereview materi
sebelumnya.
e.
Guru
memberikan Pre Test .
f.
Peserta didik mendengarkan penjelasan guru
tentang kompetensi dasar yang akan dicapai pada pembelajaran kali ini.
g.
Peserta didik mendengarkan penjelasan guru tentang
cakupan materi yang akan dipelajari.
|
10 menit
|
Inti
|
Eksplorasi
a.
Guru
membagikan hand out materi pembelajaran kepada setiap peserta didik.
b.
Peserta didik
membaca dan memahami hand out materi yang telah dibagikan guru.
c.
Peserta didik bersama-sama
guru membaca arti QS. At-Tin ayat 1-8
d.
Peserta didik
dibagi menjadi dua kelompok dan kedua kelompok mengatur tempat duduknya
secara berhadap-hadapan.
e.
Peserta didik
mendengarkan penjelasan guru tentang strategi pembelajaran yang akan
dilakukan.
Elaborasi
f.
Masing-masing
kelompok mewakilkan satu anggotanya untuk ber”suit”.
g.
Salah satu
peserta didik dari kelompok yang menang berdiri dan mengajukan pertanyaan
terkait materi kepada kelompok lawan.
h.
Salah satu
peserta didik dari kelompok lawan berdiri dan menjawab pertanyaan yang telah
diajukan kelompok penantang secara langsung (spontan/tanpa jeda).
i.
Peserta didik
yang telah menjawab pertanyaan duduk kembali, dan salah satu anggota
kelomponya yang lain berdiri dan mengajukan pertanyaan balik ke kelompok penantang.
j.
Peserta didik
dari kelompok penantang menjawab pertanyaan yang telah diajukan kelompok
lawannya.
k.
Peserta didik
dari kelompok penantang yang telah menjawab duduk, dan salah satu peserta
didik dari kelompoknya mengajukan pertanyaan balik ke kelompok lawan, begitu
seterusnya sampai masing-masing peserta didik mendapat kesempatan untuk
mengajukan pertanyaan dan menjawab pertanyaan kelompok lawannya.
Konfirmasi
l.
Guru
memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil diskusi.
m.
Siswa beserta
guru menyempurnakan kesimpulan-kesimpulan hasil diskusi.
|
55 menit
|
Penutup
|
a.
Klarifikasi/kesimpulan
siswa dibantu oleh guru menyimpulkan materi.
b.
Guru
melakukan Post Test dan/atau refleksi terhadap kegiatan pembelajaran
yang telah dilaksanakan.
c.
Mengucapkan
salam.
|
15 menit
|
H.
Penilaian
1.
Teknik
Penilaian
a.
Tes
Lisan
b.
Non
Tes: Pengamatan dan penugasan.
2.
Bentuk
Instrumen
a.
Tes
Lisan:
1.
Surat
Makiyyah artinya?
2.
Apa
yang dimaksud dengan:
a.
Buah
tin?
b.
Buah
zaetun?
c.
Bukit
Sinai?
d.
Al
Balad al amin?
3. Jelaskan makna yang terkandung dalam QS. At-Tin ayat 1-8!
4. Apa arti ayat ke 7 QS. At-Tin?
5. Berikan penjelasan bahwa Alloh Maha Adil dan berikan contohnya!
b.
Pengamatan:
Rubrik kegiatan kelompok:
No.
|
Nama Siswa
|
A s p e k P e n g a m a t a n
|
Jml
Skor
|
Nilai
|
Ket
|
||||
Kerja sama
|
Meng-
komunika
sikan pen-dapat
|
Keseriusan
|
Keaktifan
|
Menghargai
pendapat teman
|
|||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan Skor :
Masing-masing kolom diisi dengan kriteria:
4 = Baik Sekali
3 = Baik
2 = Cukup
1 = Kurang
∑ Skor perolehan
Nilai
= --------------------------- X 100
Skor Maksimal (20)
Kriteria Nilai:
A = 80 – 100 :
Baik Sekali
B = 70 – 79 :
Baik
C = 60 – 69 :
Cukup
D = ‹60 : Kurang
c. Penugasan
Peserta didik diminta untuk menuliskan 10
amal sholeh dibidang sosial yang ada di sekitar tempat tinggalnya.
I.
Media dan Sumber Belajar
a.
Media
Hand
out, Papan Tulis, Spidol.
b.
Sumber Belajar
1.
Nasikin,
Muhammad, dkk. 2011. Ayo Belajar Agama Islam: untuk SMP Kelas IX.
Jakarta: Erlangga.
2.
Al
Quran dan terjemahannya
Kalasan,
12 Agustus 2015
Guru
Pembimbing Praktikan
Pendidikan
Agama Islam Pendidikan Agama Islam
Ngatidjo,
BA Khasan Bisri
NIP.
19640503 199003 1 009 NIM. 12410054
Mengetahui,
Kepala Sekolah
SMP N 2 KALASAN
Hj. Nurul Wachidah, S.Pd
NIP. 19611231 198403 2 043
Assalamu'alaikum... Mohon info dong literatur dari strategi battle quick Mind nya Pak
BalasHapusButuh banget buku nya tentang strategi itu buat penyusunan skripsi saya...
Terimakasi sebelumnya Pak mohon bantuannya ya pak
BalasHapus