Selasa, 07 Maret 2017

RPP PAI K-13 Kelas IX/Ganjil


Satuan Pendidikan      : SMP NEGERI 2 KALASAN
Mata Pelajaran            : Pendidikan Agama Islam
Kelas/ Semester           : IX/Ganjil
Pertemuan ke              : 2
Alokasi Waktu            : 2 X 40 menit                      

A.    Standar Kompetensi
1.      Memahami Al Quran Surat At-Tin
B.     Kompetensi Dasar
1.2  Menyebutkan arti Surat At-Tin
1.3  Memahami makna kandungan Surat At-Tiin
C.    Indikator Pencapaian Kompetensi
1.2.1        Mengartikan potongan ayat dari Surat At-Tin
1.2.2        Mengartikan keseluruhan ayat dari Surat At-Tin
1.3.1        Menjelaskan makna setiap ayat dari Surat At-Tin
1.3.2        Membiasakan diri bersikap sholeh dalam kehidupan sehari-hari
D.      Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari materi QS. At-Tiin:
1.      Dengan metode ceramah dan diskusi, peserta didik dapat mengartikan Surat At-Tiin.
2.      Dengan metode battle quick mind peserta didik mampu menjelaskan makna kandungan dari Surat At-Tiin.
3.      Dengan penugasan, peserta didik mampu membiasakan diri bersikap sholeh dalam kehidupan sehari-hari.
E.       Materi Pembelajaran
Surat At-Tiin (surat yang ke 95) terdiri dari 8 ayat, turun setelah surat Al-Buruuj. Surat At-Tiin termasuk ke dalam kelompok surat Makkiyah karena turun sebelum Nabi Muhammad SAW hijrah ke kota Madinah. Nama surat ini diambil dari kata at-tiin yang terdapat pada ayat pertama yang berarti buah tin.
Isi kandungan QS. At-Tiin adalah sebagai berikut:
1.      Buah tin dan zaitun merupakan kinayah (ungkapan) tentang Damaskus (tempat diutusnya Nabi Nuh as) dan Baitul Maqdis (tempat diutusnya Nabi Isa as).
2.      Bukit Sinai yaitu sebuah gunung (bukit) tempat Allah berbicara langsung kepada Nabi Musa as.
3.      Yang dimaksud dengan negeri yang aman adalah Kota Mekkah. Allah bersumpah dengan tiga tempat tersebut sebagai isyarat perintah untuk mengetahui dan mempercayai turunnya wahyu Allah kepada para Ulul ‘Azmi dari kalangan Rasul
4.      Manusia diciptakan sebagai makhluk yang paling baik diantara makhluk lainnya, baik secara jasmaniah maupun rohaniah. Ia dapat berdiri tegak, berbicara, berilmu, mengatur lagi bijak. Hal itu disebabkan manusia dibekali dengan akal pikiran dan hati yang dapat berfungsi dengan baik. Sehingga memungkinkan bagi manusia untuk menjadi khalifah di muka bumi ini.
5.      Manusia akan berubah menjadi makhluk yang hina dan rendah derajatnya di hadapan Allah apabila ia tidak bersyukur, selalu bermaksiat, dan tidak mentaati perintah Allah SWT. Tempat kembalinya adalah neraka yang menyengsarakan.
6.      Manusia yang akan selamat dari kehinaan adalah orang yang beriman dengan sungguh-sungguh dan membuktikannya dengan ibadah dan amal shaleh. Mereka akan mendapatkanpahala yang tidak ada putus-putusnya, yaitu balasan surga dengan segala kenikmatannya dan kekal di dalamnya.
7.      Melalui Rasulullah sebagai pembawa risalah dan uswatun hasanah, kita menjadi tahu tentang ajaran Islam. Kita tidak boleh mendustakan ajaran yang dibawa oleh beliau, karena mendustakan ajarannya berarti sama saja mendustakan Allah dan balasannya adalah neraka.
8.      Allah adalah hakim yang paling adil, manusia akan mendapatkan balasan sesuai dengan apa yang telah diusahakannya salama hidup di dunia. Jika baik amalnya maka akan dibalas dengan kebaikan pula yaitu surga dan ridho-Nya, dan jika buruk amalnya maka akan mendapat balasan yang buruk pula yaitu neraka dan murka-Nya

F.     Pendekatan dan Metode Pembelajaran
1.      Pendekatan     : Keimanan, Rasional, Fungsional
2.      Metode/ Strategi Pembelajaran : diskusi, ceramah, dan Battle Quick Mind.
G.    Langkah-Langkah Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi waktu




Pendahuluan
a.       Peserta didik menjawab salam dari guru.
b.      Peserta didik ditanya guru tentang kesiapan dan kenyamanan untuk belajar.
c.       Peserta didik bersama-sama membaca doa sebelum belajar.
d.      Peserta didik dan guru mereview materi sebelumnya.
e.       Guru memberikan Pre Test .
f.       Peserta didik mendengarkan penjelasan guru tentang kompetensi dasar yang akan dicapai pada pembelajaran kali ini.
g.      Peserta didik mendengarkan penjelasan guru tentang cakupan materi yang akan dipelajari.




10 menit










Inti


Eksplorasi
a.       Guru membagikan hand out materi pembelajaran kepada setiap peserta didik.
b.      Peserta didik membaca dan memahami hand out materi yang telah dibagikan guru.
c.       Peserta didik bersama-sama guru membaca arti QS. At-Tin ayat 1-8
d.      Peserta didik dibagi menjadi dua kelompok dan kedua kelompok mengatur tempat duduknya secara berhadap-hadapan.
e.       Peserta didik mendengarkan penjelasan guru tentang strategi pembelajaran yang akan dilakukan.
Elaborasi
f.       Masing-masing kelompok mewakilkan satu anggotanya untuk ber”suit”.
g.      Salah satu peserta didik dari kelompok yang menang berdiri dan mengajukan pertanyaan terkait materi kepada kelompok lawan.
h.      Salah satu peserta didik dari kelompok lawan berdiri dan menjawab pertanyaan yang telah diajukan kelompok penantang secara langsung (spontan/tanpa jeda).
i.        Peserta didik yang telah menjawab pertanyaan duduk kembali, dan salah satu anggota kelomponya yang lain berdiri dan mengajukan pertanyaan balik ke kelompok penantang.
j.        Peserta didik dari kelompok penantang menjawab pertanyaan yang telah diajukan kelompok lawannya.
k.      Peserta didik dari kelompok penantang yang telah menjawab duduk, dan salah satu peserta didik dari kelompoknya mengajukan pertanyaan balik ke kelompok lawan, begitu seterusnya sampai masing-masing peserta didik mendapat kesempatan untuk mengajukan pertanyaan dan menjawab pertanyaan kelompok lawannya.
Konfirmasi
l.        Guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil diskusi.
m.    Siswa beserta guru menyempurnakan kesimpulan-kesimpulan hasil diskusi.























55 menit

Penutup
a.       Klarifikasi/kesimpulan siswa dibantu oleh guru menyimpulkan materi.
b.      Guru melakukan Post Test dan/atau refleksi terhadap kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan.
c.       Mengucapkan salam.

15 menit

H.    Penilaian
                     1.            Teknik Penilaian
a.       Tes Lisan
b.      Non Tes: Pengamatan dan penugasan.
                     2.            Bentuk Instrumen
a.       Tes Lisan:
1.      Surat Makiyyah artinya?
2.      Apa yang dimaksud dengan:
a.       Buah tin?
b.      Buah zaetun?
c.       Bukit Sinai?
d.      Al Balad al amin?
                                                                           3.     Jelaskan makna yang terkandung dalam QS. At-Tin ayat 1-8!
                                                                           4.     Apa arti ayat ke 7 QS. At-Tin?
                                                                           5.     Berikan penjelasan bahwa Alloh Maha Adil dan berikan contohnya!
b.      Pengamatan:
Rubrik kegiatan kelompok:
No.
Nama Siswa
A s p e k  P e n g a m a t a n
Jml
Skor
Nilai
Ket
Kerja sama
Meng-
komunika
sikan pen-dapat
Keseriusan
Keaktifan
Menghargai pendapat teman
































Keterangan Skor :                                            
Masing-masing kolom diisi dengan kriteria:
4 = Baik Sekali
3 = Baik
2 = Cukup
1 = Kurang

            ∑ Skor perolehan
Nilai = ---------------------------  X 100
            Skor Maksimal (20)

Kriteria Nilai:
A = 80 – 100                : Baik Sekali         
B = 70 – 79                   : Baik
C = 60 – 69                   : Cukup
D = ‹60                         : Kurang
c.       Penugasan
Peserta didik diminta untuk menuliskan 10 amal sholeh dibidang sosial yang ada di sekitar tempat tinggalnya.
I.       Media dan Sumber Belajar
a.      Media
Hand out, Papan Tulis, Spidol.
b.      Sumber Belajar
1.      Nasikin, Muhammad, dkk. 2011. Ayo Belajar Agama Islam: untuk SMP Kelas IX. Jakarta: Erlangga.
2.      Al Quran dan terjemahannya







Kalasan, 12 Agustus 2015
Guru Pembimbing                                                                             Praktikan
Pendidikan Agama Islam                                                                  Pendidikan Agama Islam
                                                                                   


Ngatidjo, BA                                                                                    Khasan Bisri
NIP. 19640503 199003 1 009                                                                      NIM. 12410054



Mengetahui,

Kepala Sekolah
SMP N 2 KALASAN




Hj. Nurul Wachidah, S.Pd
NIP. 19611231 198403 2 043


2 komentar:

  1. Assalamu'alaikum... Mohon info dong literatur dari strategi battle quick Mind nya Pak
    Butuh banget buku nya tentang strategi itu buat penyusunan skripsi saya...

    BalasHapus
  2. Terimakasi sebelumnya Pak mohon bantuannya ya pak

    BalasHapus