Selasa, 10 Januari 2017

RPP K-13 SKI Kelas V


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan      : MI Sunan Kalijaga Yogyakarta
Mata Pelajaran            : Sejarah Kebudayaan Islam
Kelas/ Semester           : V/ Ganjil
Materi Pokok              : Upaya yang dilakukan Nabi Muhammad SAW dalam
                                      membina masyarakat Madinah (sosial, ekonomi, agama
                                      dan pertahanan)
Alokasi Waktu            : 5 x 30 menit
Jumlah Pertemuan       : 3 pertemuan

A.    Kompetensi Inti
1.      Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Menunjukan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, santun, peduli dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangga serta cinta tanah air.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     Kompetensi Dasar dan Indikator
No
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
2.3
Menunjukan upaya yang dilakukan Nabi Muhammad SAW dalam membina masyarakat Madinah (social, ekonomi, agama, dan pertahanan)
2.3.1        Menjelaskan keadaan agama masyarakat Madinah sebelum Islam
2.3.2        Menyebutkan pertahanan masyarakat Madinah sebelum Islam
2.3.3        Mendiskusikan upaya yang dilakukan Nabi Muhammad Saw dalam membina pendidikan dan dakwah masyarakat Madinah
2.3.4        Menjelaskan upaya yang dilakukan Nabi Muhammad Saw dalam membina pertahanan dan keamanan masyarakat Madinah


C.    Tujuan Pembelajaran
1.      Peserta didik dapat menunjukan dan menjelaskan kondisi keagamaan dan pertahanan masyarakat Madinah sebelum Islam.
2.      Peserta didik dapat menunjukan dan memahami upaya-upaya Nabi Muhammad SAW dalam membina masyarakat Madinah dari segi agama, dan pertahanan.
D.    Materi Pembelajaran
Terlampir
E.     Metode Pembelajaran
Pendekatan                       : Scieentific.
Model Pembelajaran         : Guided Teaching, Contextual Teaching and Learning,
                                            dan Direct Instruction.
Metode                              : Tanya jawab, diskusi, latihan.
F.     Sumber Belajar
1.      Kitab al-Quranul Karim dan terjemahnya, Depag RI
2.      Buku PAI dan Budi Pekerti MI kelas V
3.      Siroh Nabawiyah yang sesuai dengan materi.
4.      Internet
G.    Media Pembelajaran
Hand Out.
H.    Langkah Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi waktu



Pendahuluan
a.       Peserta didik menjawab salam dari guru.
b.      Peserta didik ditanya guru tentang kesiapan dan kenyamanan untuk belajar.
c.       Peserta didik bersama-sama membaca doa sebelum belajar.
d.      Peserta didik dan guru mereview materi sebelumnya.
e.       Peserta didik mendengarkan penjelasan guru tentang kompetensi dasar yang akan dicapai pada pembelajaran kali ini.
f.       Peserta didik mendengarkan penjelasan guru tentang cakupan materi yang akan dipelajari.




5 menit






Inti


a.       Guru membagikan hand out materi pembelajaran kepada setiap peserta didik.
b.      Peserta didik membaca dan memahami hand out materi yang telah dibagikan guru. (observing)
c.       Peserta didik mendengarkan penjelasan guru tentang strategi pembelajaran yang akan dilakukan.
d.      Peserta didik bertanya kepada guru tentang materi yang belum paham/ jelas. (questioning)
e.       Peserta didik dibagi menjadi dua kelompok, masing-masing kelompok mendiskusikan tema yang berbeda, (upaya pembinaan agama dan upaya pembinaan pertahanan masyarakat Madinah). (questioning)
f.       Masing-masing kelompok mengaitkan upaya Nabi Muhammad SAW dalam membina kedua aspek tersebut di Madinah, dengan upaya yang dilakukan pemerintah desanya dalam membina kedua aspek tersebut di desanya. (associating)
g.      Masing-masing kelompok menunjukan upaya anggota kelompoknya dalam keikutsertaannya mensukseskan upaya pembangunan desanya. (exsperimenting)
h.      Masing-masing kelompok mempresentasikan hasilnya didepan kelas dan kelompok lainnya memberikan pertanyaan kepada kelompok yang presentasi. (communicating)






20 menit


Penutup
a.       Klarifikasi/kesimpulan siswa dibantu oleh guru menyimpulkan materi.
b.      Evaluasi untuk mengukur ketercapaian tujuan pembelajaran.
c.       Siswa melakukan refleksi tentang pelaksanaan pembelajaran.
d.      Mengucapkan salam.


5.menit

I.       Penilaian
1.      Sikap spiritual
a)      Teknik Penilaian    : Penilaian diri
b)      Bentuk Instrumen : Lembar penilaian diri
c)      Kisi-kisi:
No.
Sikap/nilai
Butir Instrumen
  1.  
Meyakini bahwa kondisi masyarakat Madinah sekarang yang beradab dan berbudaya merupakan hasil sumbangan pemikiran dan usaha Nabi Muhammad SAW.
Terlampir
  1.  
Meyakini bahwa upaya pembinaan masyarakat Madinah (agama, dan pertahanan) oleh Nabi Muhammad SAW adalah sesuai dengan syariat Islam.
Terlampir
  1.  
Meyakini bahwa umat Islam wajib meniru keteladanan Nabi dalam membina masyarakat Madinah.
Terlampir
Instrumen: Terlampir
2.      Sikap Sosial
a)      Teknik Penilaian                : Penilaian Antar Teman
b)      Bentuk Instrumen             : Lembar Penilaian
c)      Kisi-kisi:
No.
Sikap/nilai
Butir Instrumen
  1.  
Suka mengajarkan ilmu pengetahuan kepada temannya.
Terlampir
  1.  
Segera memberikan bantuan pemahaman ketika dimintai tolong temannya tentang pelajaran.
Terlampir
  1.  
Tidak pelit ketika temannya meminta bantuan.
Terlampir
  1.  
Tidak menyombongkan diri.
Terlampir
  1.  
Menyantuni anak yatim
Terlampir
Instrumen: Terlampir
3.      Pengetahuan
a)      Teknik Penilaian                : Tes Lisan
b)      Bentuk Instrumen             : Lembar penilaian tes lisan
c)      Kisi-kisi:
No.
Indikator
Butir Instrumen
  1.  
Dapat menunjukan kondisi masyarakat Madinah dari aspek agama dan pertahanan sebelum islam
Bagaimana kondisi keagamaan, dan pertahanan masyarakat Madinah sebelum islam?
  1.  
Dapat menunjukan upaya-upaya Nabi Muhammad SAW dalam membina masyarakat Madinah dari aspek agama, dan pertahanan.
Bagaimana upaya Nabi Muhammad SAW dalam membina masyarakat Madinah dari aspek keagamaan, dan pertahanan?

4.      Keterampilan
a)      Teknik Penilaian    : Projek
b)      Bentuk Instrumen : Lembar Observasi/Wawancara
c)      Kisi-kisi:
No.
Keterampilan
Butir Instrumen
  1.  
Kelas dibagi menjadi 5 kelompok, masing-masing kelompok diberi tugas untuk wawancara kepada kepala desanya tentang usaha yang dilakukan pemerintah desa dalam membina masyarakatnya dalam aspek keagamaan dan pertahanan.
a. Isi Laporan
b. Bahasa
c. Estetika

Yogyakarta, 15 Oktober 2014
Guru Mapel                                                                             Kepala Sekolah


Khasan Bisri                                                                Drs. H. Moh Syihabuddin, M.Ag
NIM. 12410054                                                          NIP. 1234567899876 09 564


LAMPIRAN-LAMPIRAN

1.         Materi Pembelajaran

Upaya Nabi Muhammad dalam Membina Masyarakat Madinah
Kota Madinah pada masa sebelum perkembangan Islam dikenal dengan nama Yathsrib. Dikenal sebagai pusat perdagangan. Kemudian ketika Nabi Muhammad SAW hijrah dari Mekkah kota ini diganti namanya menjadi Madinah sebagai pusat perkembangan Islam sampai beliau wafat dan dimakamkan di sana. Selanjutnya kota ini menjadi pusat penerus Nabi Muhammad yang dikenal dengan pusat khalifah. Terdapat tiga Khalifah yang memerintah dari kota ini yakni Abu Bakar, Umar bin Khattab dan Utsman bin Affan.
Pada masa Nabi Muhammad SAW, penduduk kota Madinah adalah orang yang beragama Islam dan orang Yahudi yang dilindungi keberadaannya. Namun karena penghianatan yang dilakukan terhadap penduduk Madinah ketika perang Ahzab, maka kaum Yahudi diusir keluar Madinah.
Nabi saw dan para sahabatnya banyak melakukan perubahan strategi dalam mendakwahkan Islam setelah bermukim di Madinah. Jika di Mekah Nabi saw dan para sahabat banyak mendapatkan hambatan dari para penduduk asli Mekah maka tidak demikian halnya di Madinah yang ternyata para penduduknya justru banyak mendukung perjuangan Nabi saw dan para sahabatnya. Di sinilah babak baru Islam dimulai dan hari demi hari Islam terus berkembang hingga mencapai perkembangan yang luar biasa. Di Madinahlah Nabi saw dan para sahabat berhasil membentuk masyarakat muslim dan negara Islam yang menjadi bagian dari negara-negara yang diakui di mata dunia saat itu. Tentu saja perjuangan nabi dan para sahabatnya seperti itu perlu diteladani, terutama oleh umat Islam, dalam membangun tatanan masyarakat modern ini.
Berbagai Upaya Nabi dalam membangun masyarakat Madinah:
a.       Pertahanan
Dengan terbentuknya kota Madinah Islam bertambah kuat sehingga perkembangan yang pesat itu membuat orang Mekah khawatir, begitu juga dengan musuh-musuh Islam. Untuk menghadapi kemungkinan itu Nabi mengatur siasat dan membentuk pasukan tentara untuk melindungi Madinah, membuat aturan aturan peperangan, harta perang, tawanan perang, dan peperangan kaum wanita dengan lelaki.
Selain itu Rosululloh juga melakukan perjanjian dengan yahudi yang isinya:
-          Kebebasan beragama
-          Semua lapisan, baik islam maupun yahudi harus tolong menolong dan saling membantu untuk melawan siapa saja yang memerangi mereka, semuanya wajib mempertahankan kota Madinah
-          Mengakui dan mentaati kesatuan pimpinan untuk kota Madinah yang disetujui dipegang oleh Nabi Muhammad SAW.
b.      Agama
Upayanya diantaranya:
-          Membangun suatu hubungan persaudaraan yang akrab dan tolong-menolong dalam kebaikan adalah kewajiban bagi setiap muslim. Sistem persaudaraan ini dibangun Nabi saw sejak beliau masih menetap di Mekah atas dasar kesetiaan terhadap kebenaran dan saling menolong. Persaudaraan antara kaum Muhajirin (pendatang dari Mekah) dan Ansar (penduduk asli Madinah) segera dijalin oleh nabi saw.
-          Ikatan iman. Islam menjadikan ikatan iman sebagai dasar paling kuat yang dapat mengikat masyarakat dalam keharmonisan, meskipun tetap membolehkan, bahkan mendorong bentuk-bentuk ikatan lain, seperti kekeluargaan sepanjang tidak bertentangan dengan prinsip agama. Masyarakat Madinah dibangun oleh Nabi saw. di atas keimanan dan keteguhan terhadap Islam yang mengakui persaudaraan dan perlindungan sebagai suatu yang datang dari Allah, Rasul-Nya dan kaum muslimin semuanya.
-          Ikatan cinta. Nabi saw membangun masyarakat Madinah atas dasar cinta dan tolong-menolong. Hubungan antara sesama mukmin berpijak atas dasar saling menghormati. Orang kaya tidak memandang rendah orang miskin, tidak juga pemimpin terhadap rakyatnya, atau yang kuat terhadap yang lemah. Fondasi cinta ini dapat diperkukuh dengan saling memberikan hadiah dan kenang-kenangan. Dengan cinta inilah masyarakat Madinah dapat membangun masyarakat yang kuat.
-          Persamaan si kaya dan si miskin. Dalam masyarakat Madinah si kaya dan si miskin mulai berjuang bersama atas dasar persamaan Islam dan mencegah munculnya kesenjangan kelas dalam masyarakat.
-          Toleransi umat beragama. Toleransi yang dilaksanakan pada masyarakat Madinah antara sesama agama (Islam), seperti yang dilakukan antara kaum Muhajirin dan kaum Ansar, dan adakalanya antara kaum muslimin dengan kaum Yahudi yang berbeda agama. Toleransi ini diikat oleh aturan-aturan yang kemudian terdokumentasi dalam Piagam Madinah.

2.         Penilaian
1.      Sikap Spiritual

Nama Peserta Didik    :  ………………….
Kelas                         :  ………………….
Materi Pokok             :  ………………….
Tanggal                     :  ………………….

Petunjuk:
·         Bacalah pernyataan yang ada di dalam kolom dengan teliti
·         Berilah tanda cek (√) sesuai dengan kondisi dan keadaan  kalian sehari-hari
NO
PERNYATAAN
TP
KD
SR
SL
1.
Saya berdoa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu




2.
Saya tidak mencontek pada saat mengerjakan ulangan/ujian




3.
Saya meyakini bahwa kondisi masyarakat Madinah sekarang yang beradab dan berbudaya merupakan hasil sumbangan pemikiran dan usaha Nabi Muhammad SAW.




4.
Saya meyakini upaya pembinaan masyarakat Madinah yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW adalah sesuai dengan syariat Islam.




5.
Saya meyakini bahwa umat Islam wajib meniru keteladanan Nabi dalam membina masyarakat Madinah.





Keterangan :
·         SL         = Selalu  , apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
·         SR         = Sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan
·         KD        = Kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan  sering tidak melakukan
·         TP         = Tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan

Konversi Nilai:
·         4 = SL
·         3 = SR
·         2 = KD
·         1 = TP
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus:

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjgJnxFMcTQ7udprG9-yzC_OtBCC-iPSYvq9H-0Jh45dEWPM9Sq0DzARjtXSZ4-xj8zObybr1CMurJmHkrmQC4ccMh1iSpPRyxFHKuOdSUTen43C5UFSNGMVTAYAfWo5mBboljOvXl4Xelr/s1600/Skor+1.png
Sangat Baik     : apabila memperoleh skor: 3.33  < skor < 4.00
Baik                 : apabila memperoleh skor: 2.33  < skor < 3.33
Cukup             : apabila memperoleh skor: 1.33  < skor < 2.33
Kurang            : apabila memperoleh skor:  skor < 1.33

2.  Sikap Sosial
Nama Peserta Didik yang Dinilai         :  …………………………….
Kelas                                                     :  …………………………….
Materi Pokok                                        :  …………………………….
Tanggal Pengamatan                            :  …………………………….

Petunjuk:
Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap tanggung jawab yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut :
NO
ASPEK PENGAMATAN
SKOR
1
2
3
4
1.
Suka mengajarkan ilmu pengetahuan kepada temannya.




2.
Segera memberikan bantuan pemahaman ketika dimintai tolong temannya tentang pelajaran.




3.
Tidak menyombongkan diri




4.
Tertib dalam mengikuti pelajaran




5.
Menyantuni anak yatim




JUMLAH SKOR





Perhitungan skor akhir menggunakan rumus:

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjgJnxFMcTQ7udprG9-yzC_OtBCC-iPSYvq9H-0Jh45dEWPM9Sq0DzARjtXSZ4-xj8zObybr1CMurJmHkrmQC4ccMh1iSpPRyxFHKuOdSUTen43C5UFSNGMVTAYAfWo5mBboljOvXl4Xelr/s1600/Skor+1.png
Sangat Baik     : apabila memperoleh skor: 3.33  < skor < 4.00
Baik                 : apabila memperoleh skor: 2.33  < skor < 3.33
Cukup             : apabila memperoleh skor: 1.33  < skor < 2.33

Kurang            : apabila memperoleh skor:  skor < 1.33

1 komentar: